Cara Recovery Data dengan Get Data Back
 
Mungkin kita pernah kehilangan data di memory eksternal / harddisk.. saya akan coba berbagi soslusi dengan pembaca atau orang yang pernh ngalamin kehilangan data. Data bisa dilang disebabkan oleh korsleting listrik, penghapusan permanen dengan shift+delete, atau format harddisk. Data yang sudah pernah  masuk / tersimpan dalam hardsik slamnya tidak bkalan hilang, kec hardwarenya yang rusak, Data tersebut sebenarnya tidak hilang secara ermanenkarena data maih tersimpan di sektor harddisk tetapi tidak keilhatan. Dan datan ini masih bisa di kembalikan, salah satunya dengan Get Data Back.
 
Get Data Back terdiri dari 2 macam :
  1. Get Data Back for FAT download disini...
  2. Get Data Back for NTFS download disini...
 
Jadi kita harus memastikan format apa yang yang akan diproses.
 
Persiapkan alat :
  1. Program Get Data (penulis memekai versi 2.31) harus full versi, kalau tidak full kita hanya bisa melihat tetapi tidak bisa di recover atau di copy. (pembaca bisa mendownload dilink yang lainnya yang lebih update)
  2. Komputer dengan windows XP (normal)
  3. Harddisk atau flashdisk untuk tempat penyimpanan hasil recovery dengan kapasitas sesuai data yang akan kita recover
 
Cara Recover dengan Get Data Back:
  1. insttal program Get Data Back dikomputer XP (normal), ingan harus yang FULL
  2. Pasang harddisk atau media penyimpanan seconder
  3. Jalankan program Get Data Back 2.31 for FAT atu NTFS
  4. Pastikan pilihan logical terpilih, trus next.
  5. Pilih pastisi / keseluruhan harddisk yang akan di recover. Klik next.
  6. Sesuai dengan kebutuhan anda. "Search Entire Drive" akan melakukan scan ke seluruh permukaan harddisk. Opsi "Search Partical Drive" hanya akan melakukan scan kebagian yang kita pilih saja. Kita coba pilih "Search Partical Drive". Next.
  7. Kemudian program Get Data Back akan melakuan scanning data. Proses ini akan memakan waktu cukup lama, tergantung dari kecepatan CPU dan besarnya kapasitas harddisk yang direcovery.
  8. Setelah proses scanning selesai maka akan tampil seperti gambar dibawah ini. Di situ biasanya ada banyak pilihan, kebetulan yang dicontoh ini ada 2 pilihan. Semua pilihan itu berisi data yang anda recovery. Anda dapat memilih satu satu secara bergantian dengan menekan menu BACK. Untuk pertama kali pilih yang paling atas. Kemudian pilih NEXT.
  9. Get Data Back akan mengembalikan Data Anda.
  10. Setelah proses, maka akan tampil directory data yang siap anda recovery. Pilih Data yang akan anda recovery. Jika sudah Anda temukan, klik kanan pada folder kemudian pilih Copy dan Simpan di media sekunder yang sudah Anda persiapkan sebelumnya.
  11. Selesai

Program Get Data Back ini sudah sering saya gunakan, dan hasilnya cukup memuaskan, walaupun terkadang ada beberapa file yang rusak yang tidak terselamatkan. File yang rusak ini disebabkan oleh tertumpuknya file lama dengan file baru atau bahkan karena memang harddisk telah mengalami kerusakan fisik di piringan tempat menyimpan data. Tapi minimal masih banyak file yang dapat terselamatkan.

Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

 
Top